Cara Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Tekanan darah normal berdasarkan usia bisa berbeda. Namun yang paling penting adalah menjaga agar nilainya tetap dalam standar ideal. Sebab jika terlalu rendah ataupun terlalu tinggi mengindikasikan bahwa tubuh Anda memiliki gangguan kesehatan yang berhubungan dengan darah jantung.

Cara Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Menjaga agar tekanan darah normal berdasarkan usia adalah sesuatu yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun sayangnya banyak yang yang tidak memanfaatkan cara-cara mudah tersebut.

Padahal menjaga agar tekanan darah tetap normal dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu pula hipertensi sering disebut sebagai silent Killer sehingga penderitanya bisa terancam kehilangan nyawa sewaktu-waktu.

Oleh karena itu cara sederhana untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal adalah sebagai berikut:

Mengurangi Asupan Garam

Langkah pertama agar menjaga tekanan darah berada dalam kisaran normal adalah dengan membatasi asupan garam. Bahan perasa makanan ini diketahui dapat menaikkan tekanan darah jika dikonsumsi berlebihan.

Akan tetapi jika anda sudah menderita tekanan darah tinggi, maka kurangnya asupan garam yang ada pada makanan besar ataupun kudapan. Langkah pertama menghindari konsumsi makanan yang cenderung asin.

Hindari pula konsumsi makanan cepat saji, berpengawet, ataupun kalengan. Karena umumnya makanan tersebut mengandung kadar gula yang lebih tinggi daripada kebutuhan Anda.

Perhatikanlah Konsumsi Kafein

Kafein juga merupakan salah satu zat yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu Anda dapat mengurangi konsumsinya hingga sebanyak 1 cangkir kopi sehari saja.

Perhatikanlah apakah Anda juga mengkonsumsi minuman lain yang mengandung kafein. Antara lain adalah teh, coklat, soft drink, minuman penambah energi atau pun minuman pelangsing.

Hindarilah Konsumsi Alkohol

Alkohol juga ditengarai dapat menaikkan tekanan darah secara drastis. Karena menstimulasi detak jantung yang pada akhirnya dapat menaikkan tekanan darah. Karenanya kurangilah konsumsi alkohol hingga serendah mungkin.

Manajemen Emosi

Emosi merupakan salah satu faktor yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Oleh karena itu Anda disarankan untuk dapat mengatur keadaan emosi tersebut sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Jika ada masalah maka komunikasikanlah baik baik sehingga ditemukan jalan keluar untuk mengatasinya. Biasakan ungkapkanlah ketidaksetujuan dengan bahasa yang tepat agar perasaan tidak senang tersebut tidak perlu disimpan dan berubah menjadi emosi.

Beristirahatlah Secara Teratur

Kualitas istirahat secara tidak langsung dapat mempengaruhi tekanan darah. Sekarang jika tidur anda kurang maka dapat menstimulasi kerja jantung menjadi lebih berat. Sebab harus menyediakan oksigen seluruh tubuh. Padahal bisa jadi keadaan orang tersebut kurang istirahat sehingga tidak fit.

Mempunyai produk asuransi kesehatan yang tepat dapat membantu Anda untuk mengcover biaya yang dibutuhkan pada saat penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Karenanya, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan pribadi.