Kelebihan dan Kekurangan Bubur Bayi Instan Yang Harus Kamu Ketahui

Bubur bayi instan dianggap menjadi pilihan yang lebih praktis. Terutama jika Bunda mempunyai aktivitas yang padat. Hanya saja, banyak orang tua yang lebih percaya bubur buatan sendiri untuk sang buah hati.

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, Bunda harus segera memperkenalkan MPASI pada bayi. Tujuannya untuk menunjang tumbuh kembang bayi agar makin optimal.

Bunda bisa langsung memberikan MPASI dengan tekstur yang lembut, seperti bubur bayi. Setelah bayi mulai terbiasa, baru Bunda dapat meningkatkan bubur tadi ke bentuk yang padat dan lebih kental.

Kelebihan dan Kekurangan Bubur Bayi Instan

Di era serba praktis saat ini, bubur untuk bayi sudah tersedia dalam bentuk instan. Jadi, kamu tak perlu buat sendiri dari rumah untuk menambah konsumsi ASI pada bayi.

Meski begitu, tidak sedikit Bunda yang masih ragu tentang bubur instan tersebut. Ada yang bilang buburnya penuh dengan zat pengawet. Tidak sedikit Bunda yang bilang bubur mengandung zat pewarna yang buruk untuk bayi.

Meski begitu, bubur instan untuk bayi tetap dibuat sesuai ketentuan yang berlaku. Tujuannya agar bubur aman dikonsumsi dan tidak memberi efek buruk pada bayi.

Bagi yang tertarik dengan bubur instan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kamu tahu. Berikut penjelasannya :

1. Mengandung berbagai macam nutrisi tambahan

Bagi yang usianya bertambah membuat kebutuhan nutrisi juga menjadi meningkat. Misalnya, bayi yang berusia 6 bulan memerlukan 11 mg zat besi tiap hari.

Padahal ASI hanya memberi asupan zat besi 2 mg per hari saja. Hal tersebut tentunya membuat Bunda harus berpikir keras bagaimana asupan zat besi tetap terpenuhi dengan baik.

Salah satunya dengan mengandalkan tambahan makanan pendamping ASI. Bubur instan bisa menjadi pilihan bagi yang ingin praktis. Tidak perlu buat sendiri karena tinggal seduh saja.

2. Sudah mempunyai label nutrisi yang jelas

Nutrisi yang ada di bubur bayi instan biasanya telah tercantum jelas di label nutrisi pada bagian kemasannya. Dengan demikian, Bunda bisa mengetahui apakah kandungan zat gizi produk bubur bayi sesuai dengan kebutuhan bayi atau tidak.

Bahkan dibanding bubur buatan sendiri, nutrisi yang ada di bubur instan lebih banyak. Tentunya dapat mendukung kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bayi.

Kekurangan

Setelah tahu kelebihan yang ditawarkan di bubur bayi instan, Bunda juga harus paham dengan kekurangan bubur ini juga. Berikut beberapa kekurangannya :

  1. Memiliki kandungan pengawet dan perasa buatan yang cukup beresiko untuk bayi jika tidak diperhatikan dengan baik.
  2. Memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga meningkatkan resiko bayi terkena obesitas.

Setelah tahu kekurangan dan kelebihan bubur bayi instan, apakah Bunda ingin menggunakannya? Sekarang ini banyak sekali merek bubur untuk bayi yang bisa dicoba. Tentu dengan varian rasa yang beragam juga.