Takaran air putih untuk anak

Pada laman website Nestle indonesia terdapat informasi soal kebutuhan air putih untuk anak. Apa manfaat air putih untuk anak? Berapa takaran kebutuhan hariannya?  Air sangat penting untuk tubuh. Makanya para dokter dan ahli medis menganjurkan agar selalu cukupi air putih untuk tubuh. Namun bagaimana jika anak?

Anak pun butuh air putih. Hanya saja takarannya beda. Tapi apa ada manfaat kan, dia masih anak-anak? Tentu saja ada. Dalam ulasan kali ini kita akan ulas semuanya. Mulai dari manfaat air putih sampai takaran air putih untuk tubuh. Mari kita simak dari manfaatnya saja dulu.

Manfaat Air Putih Untuk Tubuh

Apa saja manfaat air putih? mengatur suhu tubuh, menjaga kesehatan, dan mendukung kerja organ serta pencernaan. Salah satu isi tubuh manusia adalah cairan. Cairan ini berguna untuk banyak hal, di antaranya sudah disebutkan di awal paragrap.

Air putih ibarat cairan oli bagi mesin. Ia akan membuat mesin bekerja maksimal, kalau sampai tidak ada oli mesin akan terganggu. Begitu juga jika oli sudah kotor, mesin akan terganggu. Makanya dianjurkan ganti oli sesuai jadwalnya.

Nah, dari sini kita jadi paham bahwa air putih sangat dibutuhkan tubuh. Karena perannya yang vital. Air putih dibutuhkan oleh anak keci, dewasa, atau orang tua sekalipun. Tapi berapa, sih, kebutuhannya? Tiap usia memiliki perbedaan kebutuhan. Anak kecil dan lansia hampir mirip. Karena keduanya memiliki lambung yang kecil.

Takaran Air Putih

Air putih dibutuhkan tubuh. Tapi ada takarannya, jadi tidak semua orang butuh air putih dalam jumlah banyak dan besar. Sebagai contoh, lelaki usia 30 tahun dengan bodi besar dan otot besar. Ia butuh setidaknya 3 liter air lebih sehari.

Berbeda dengan anak usia 1 tahun, dia butuh antara 1 liter sampai 1,2 liter sehari.  Kalau dewasa bisa sampai 4 liter jika memang otot, usia, jenis kelamin mendukung. Nah, berapa takaran lengkapnya? Mari kita coba simak di bawah ini.

  1. Usia 0-12 Tahun

Setidaknya butuh 1800ml air. Ini karena kondisi tubuh mereka belum kuat. Selain itu otot juga masih lemah. Untuk mencukupi kebutuhan air, tidak harus menenggak air putih bergelas-gelas. Melainkan bisa dari buah-buahan dengan kandungan air tinggi.

Usia 1 tahun misalnya, dia bisa dapat asupan cairan dari asi serta buah yang mudah dikunyah. Sekali lagi, tidak harus dengan air bening dari galon.

  1. Usia 13-15 Tahun

Pada usia ini sudah masuk fase 8 gelas per hari. Di usia ini otot sudah mulai berkembang dan asupan cairan sudah bertambah 200m dari usia 12 tahun. Maka, jika sebelumnya 1800ml memasuki usia 13 tahun ditambah 200ml.

Sampai di sini sudah paham, bukan? Nah, itulah informasi yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.